Pages

Humor - Diberi Setumpuk Buku Buat Dipelajari

Menjadi wartawan memang sangat diharapkan menguasai apa saja. Sebagai reporter piyek yang membantu Bos Masturi di RCTI, saat itu ada tugas dari redaksi Jakarta, untuk melakukan peliputan seputar masalah ekonomi. Yang jadi sasaran, selain dari dunia perbankan di BI juga pengusaha, pelaku bursa efek dan beberapa pengamat ekonomi lainnya. Melakukan peliputan ekonomi memang menjadi tugas yang paling berat bagi saya, setelah saya melakukan peliputan berita-berita kriminal, politik, sosial dan budaya. Kenapa ? Karena banyak istilah ekonomi, istilah perbankan, yang saya sendiri tidak menguasainya.

Nah, ini cerita saat saya melakukan wawancara dengan pejabat Bank Indonsia cabang Jateng DIY, yang kantornya saat itu masih di depan kantor Pos Semarang. Janjian jam 10.00, saya bersama Sony, sang kameramen, sudah datang jam 9.45. Setelah menunggu sekitar 15 menit, di ruang tunggu yang nyaman ber AC, datanglah sang pimpinan BI dengan disertai 4 direktur dari berbagai divisi yang ada di BI.
Blaik aku. Pasti kacau nih. Saya kan tidak begitu menguasai istilah-istilah perbankan dan dunia ekonomi. Sony yang melihat saya sedikit gugup, segera njawil dan bilang, ” … mengalir aja dik.”
Mengalir sih mengalir, tapi kalau kelihatan bloonnya, malu juga kan. Benar juga, setelah basa-basi saling menanyakan kabar, saling tukar kartu nama dan sedikit bergurau, dialog masuk ke materi. Ketahuan deh, kalau saya tidak menguasai permasalahan. Materi yang disampaikan ternyata sangat teknis dan banyak sekali istilah perbankan dan ekonomi. Untung aku membawa tape perekam. Beberapa kali, saya meminta tolong untuk mereka menuliskan bagaimana ejaan dari istilah perbankan yang mereka sampaikan.
Karena dilihatnya, saya kurang menguasai permasalahan, pimpinan BI kemudian sekali dengan bijaksana menyetop dialog, dan berucap ….

”Gini aja mas, karena mas didik kelihatan belum begitu menguasai materi, ini kami pinjami buku-buku terkait permasalahan ekonomi saat ini. Kamu bisa pelajari dan setelah menguasai, ke sini lagi. Kita ingin ada dialog yang saling mengisi, jadi kalau mas bisa menguasai permasalahannya, pasti dialog akan bisa lebih berkembang, bagaimana mas, setuju ? ”
Entah bagaimana wajah saya ketika itu, yang pasti, malu jelas. Isin juga pasti, merah ? Jangan tanya lagi, kayak kepiting di rebus. Dan Sony, yang saya lirik hanya senyum-senyum sambil tetap asyik ngambil gambar. Diamput tenan Sony ini hehehhehe
Karena saya sendiri menyadari kekurangan saya itu,  maka dengan berbesar hati, saya ambil tumpukan buku tebal-tebal yang berisi data dan banyak istilah ekonomi itu. Saya masukkan sebagian ke tas punggung, sebagian saya tenteng. Mencoba tetap gagah dan terhormat, saya pamit dan menyatakan siap melakukan wawancara 2 – 3 hari ke depan.

Sebuah rangkulan tulus ke pundak dan beberapa kali tepukan halus di punggung, mengantarkan saya dan Sony ke pintu keluar ruang pertemuan.
”Segera kontak saya ya mas! Kita siap berdiskusi lagi….  ” Begitu kata pimpinan ( maaf, saya lupa namanya ). Dan saya, sembari tersenyum kecut menyatakan, SIAP! Hehehehhe
Seorang wartawan memang harus serba tahu tapi tidak sok tahu. Seorang wartawan harus mau belajar, itu yang pasti. Minimal  dia harus mau membaca, agar kejadian yang tidak mengenakkan seperti yang saya alami tidak kalian alami. Bagi saya, hal itu makin memacu saya untuk terus mengembangkan diri. Dunia wartawan memang sangat kompleks. Dan hanya wartawan yang mau belajar dan mampu mengembangkan diri , yang akan sukses. Benar tidak ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hot Post

Langkah-langkah Merakit Pc Komputer
Efek Dan Bahaya Duduk Disamping Printer
Ular Kepala 10 Kembali Menelan Korban
Cegah Bau Mulut Dengan Beberapa Cara
Khasiat Air Kelapa Dapat Menurunkan Berat Badan
Belahan Toket Rahma Azhari
Tips Ungkapkan Cinta Tanpa Kata-kata
Wanita Seksi Menggiurkan
Hubungan Intim Saat Haid
Benerkah Ayu ting-ting Merebut Tunangan Orang ???
Kekayaan Bill Gates di AS Tak Tertandingi
Ini lah Beberapa Photo Sexy VickyShu
Gerhana Bulan Tgl 10 Desember 2011
Ternyata Merokok Bisa Buat Puting Payudara Mengendur
Monyet Penasaran Dengan Payudara Artist Taiwan
Wajah Saat Orgasme Sama Seperti Wajah Orang Menahan Sakit
Syahrini Remas Dada
Aneh, Sholat Jenazah Kok Dibayar?
Chelsea Olivia Sebut Tingkah Syahrini Memalukan
Cara Lelaki Mengungkapkan Cinta
12 Cara Mengungkapkan cinta agar terwujud cinta abadi
Cewek-cewek caktik Berarian di pantai
Zodiak Hari Ini
Scorpio Z Aura Ducati Valentino Rossi
Tampilan Baru Twitter
Bokong Indah ala Pippa
Cara Ngencangin Bokong
Lady GaGa Ingin Meninggal di Panggung
Festival Penis And Vagina In Japan
Humor - Diberi Setumpuk Buku Buat Dipelajari
Google Doodle Hari Ini Merayakan HUT Penemu Microchip
Ungkapkan Cinta Pada Wanita
Setingan GPRS untuk ponsel anda
Malaikat Pelindung
Gimana ya cara ibu yang menyusui berpuasa
Sahabat Atau Gebetan
Foto Hot Syahrini Beredar Luas
Cara Aman Mengotak-atik Setting BIOS PC
Pengertian Study Kasus
Tetap Fit Bekerja Meskipun Hamil
Waspadalah Masa Depan Anak Hancur Akibat Salah Pilih Kost
Penarikan Seluruh Implan Payudara Di Prancis